Selasa, 19 September 2017

Sekilas Tentang Hobi...

Hobi itu sebenernya menurut kalian apa sih?

Apakah hobi itu sebuah rutinitas yang sering dilakukan di waktu luang kita? Apakah hobi itu adalah semacam kegiatan rekreasi untuk sekedar menenangkan pikiran? Atau apakah hobi itu cuma sebatas kegiatan yang kita lakuin di saat kita merasa bosan?

Mungkin dari kalian bisa mempunyai definisi dan makna hobi itu masing-masing. Pribadi gue memaknai hobi itu macem-macem. Bukan hanya sebatas kegiatan yang sering gue lakuin tiap hari atau kegiatan penghilang stres. Banyak banget hal yang dapet gue ambil dari melakukan hobi. Ya, salah satunya sebagai wadah bersosialisasi dan bertemu teman baru.

Awalnya gue termasuk orang yang mageran, atau dengan kata lain suka malas-malasan dan suka mengurung diri di kamar. Tiap pulang sekolah gue pasti langsung mengunci pintu kamar dan tidur sampe sore hari. Malam harinya pun sama. Setelah selesai menyantap makan malam, gue langsung naik ke kamar dan mengurung diri lagi. Gituuu aja terus hampir tiap hari. Tapi gue mengurung diri di kamar bukan hanya untuk tidur nyari iler, terkadang juga gue suka baca-baca buku koleksi gue sambil tiduran. Bukan buku pelajaran, tapi gue sering baca buku novel teenlit. Yah ujung-ujungnya juga gue bakalan ketiduran karena mata gue udah lelah membaca. Inti rumusnya gini dah : KAMAR + BAYU = TIDUR !

Kebiasaan buruk gue itu pun akhirnya ditegur keras sama orangtua dan menyuruh gue agar belajar bersosialisasi dengan orang lain, bukan hanya bercengkerama dengan bantal guling di dalam kamar.

Perlahan, gue mulai ikut untuk bergabung di komunitas offroad yang waktu itu papa gue geluti. BJC (Bastari Jeep Club) nama komunitasnya. Setiap sore pasti selalu terdengar suara mesin mobil yang berisik itu dihidupkan. Sebelum siap untuk diturunkan ke lapangan, papa gue sibuk di balik kap mobil. Gue cuman bisa ngeliatin papa mempreteli mesin-mesin, karena gue gak tau apa-apa soal otomotif. Seiring berjalannya waktu dan semakin sering gue ikut kumpul, gue akhirnya diizinkan papa untuk membawa mobil offroad itu sendiri.

Setelah sekian tahun, medan untuk lapangan offroad mulai dialihfungsikan oleh pemerintah untuk proyek pembangunan. Kegiatan rutin gue tiap sore untuk turun ke lapangan offroad menjadi terhenti. Kakak sepupu gue yang melihat gue kembali menjadi anak kamaran, mulai mengajak untuk ikut di komunitas pecinta sepeda. Kebetulan komunitas ini juga diikuti oleh papa. Iya, papa gue memang punya banyak hobi. Hampir semua hobi beliau gue wariskan sampai sekarang ini. Termasuk hobi suka tidur. Ya, itulah alasannya mengapa gue suka tidur-tiduran di kamar. Jadi gak usah penasaran lagi.

Baidewei, komunitas pecinta sepeda itu disebut RACAV (Rantau Cycling Adventure). Agak-agak keren asoy gimana gitu kan namanya. Waktu itu gue enjoy banget gabung di komunitas RACAV. Anggotanya bukan cuma orang-orang dewasa seperti di BJC, tapi ada dari berbagai kalangan usia. Dari anak-anak kecil plestek sampai om-om yang punya istri dua juga ikut di komunitas itu. Disana banyak temen kecil gue dulu bahkan senior gue sewaktu masih di pendidikan. Selama di komunitas itu, gue pernah sekali ikut event Konvoi Penyambutan Piala Adipura Kabupaten.

Di waktu itu gue bener-bener bisa menikmati hobi gue. Gue jadi bisa belajar hidup dari apa yang gue sukai. Namun untuk sekarang ini adalah hal yang berbeda. Seiring waktu berjalan, gue semakin tumbuh menjadi orang dewasa. Waktu yang dulu ada selalu dihabiskan untuk bersenang-senang, sekarang mulai terkikis seiring usia gue yang semakin hari semakin menua. Sekarang waktu yang gue miliki sangat terbatas, gue sekarang udah kerja, sepulang kerja waktu yang gue punya gue manfaatin buat istirahat. Sangat sedikit waktu yang gue punya untuk kembali melakukan hobi-hobi gue.

Untuk kalian yang masih dalam usia muda, manfaatkan lah waktu kalian untuk melakukan hal-hal yang kalian sukai.

Karena ketahuilah,
di usia yang akan datang, beberapa tahun atau bahkan beberapa bulan ke depan,
kalian akan hanya bisa mengenang hal-hal yang kalian sukai.
Share:

0 komentar: